Laporan Akhir Character Building Pancasila
LAPORAN
Pembelajaran Di PAUD AL-Baari Ibnu Danil Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila
Bersama Teach For Indonesia(TFI)
Dosen : Yustinus Suhardi Ruman
MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Disusun oleh :
• Anita Matania Kornelius - 2001572181
• Merlin Claudya- 2001560036
• Viola Vallace- 2001557275
• Silvia Fransiska- 2001554185
• Vena Rianty- 2001562981
• Chrisaldy Diwanda M.P - 2001555433
• Kevin Cang- 2001598975
KELAS : LA14
BINUS UNIVERSITY
2017
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL
Project Luar Kelas Character Building Pancasila
1. Judul Project :Membangun Karakter Pancasila Melalui Pendidikan Anak
Usia Dini
2. Lokasi Project :PAUD Al-Baari Ibnu Danil
3. Kelompok Target Project :Anak-anak PAUD
4. Mata Kuliah :Character Building Pancasila
5. Kelas :LA14
6. Dosen :Yustinus Suhardi Ruman
7. Nama Anggota :
Anita Matania Kornelius – 2001572181
Merlin Claudya – 2001560036
Viola Vallace – 2001557275
Silvia Fransisca – 2001554185
Vena Rianty – 2001562981
Chrisaldy Diwanda M.P - 2001555433
Kevin cang - 2001598975
Jakarta, 15 Mei 2017
Mengetahui Ketua Kelompok
(……………………………………) (……………………………………)
Dosen CB Pancasila
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL i
DAFTAR ISI ii
KATA PENGANTAR iii
BAB I PENDAHULUAN 1
Latar Belakang 1
Ruang Lingkup Kegiatan 1
Tujuan dan Manfaat 1
BAB II KONSEP 2
BAB III METODE KEGIATAN 4
A. Tema 4
B. Kegiatan 4
C. Peserta 4
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 4
BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN 5
A. Detail Kegiatan: 5
B. Deskripsi Kegiatan: 5
1. Kegiatan Pertama 5
2. Kegiatan Kedua 6
3. Kegiatan Ketiga 8
4. Kegiatan Keempat 10
5. Kegiatan Kelima 11
BAB V PENUTUP 12
Kesimpulan 12
Saran 12
LAMPIRAN 1 : Notulen Kegiatan Diskusi Kelompok 13
LAMPIRAN 1 : Survey Lokasi 14
LAMPIRAN 3 : Diskusi Pembuatan Laporan Akhir 15
ABSEN CHARACTER BUILDING YAYASAN AL - BAARI IBNU DANIL 16
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan kehendak-Nya, kami dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Pembelajaran di PAUD AL-Baari Ibnu Danil dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila bersama Teach For Indonesia (TFI)” dan juga pembelajaran melalui pengajaran di PAUD AL-Baari Ibnu Danil berlokasi di JL.Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk,Kota Jakarta Barat dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya.
Laporan ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan yang kami kerjakan dalam penerapan mata kuliah Character Building Pancasila, dimana dalam kegiatan ini bertujuan menerapkan Pancasila sebagai sumber karakter. Maka diharapakan dari kegiatan ini kami dapat menerapkan sikap dan karakter yang baik sesuai pedoman dalam bunyi-bunyi sila Pancasila Indonesia sebagai generasi penerus bangsa, dan warga negara Indonesia.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas dukungan moral dan materi. Kepada:
1. Bapak Yustinus Suhardi Ruman, selaku dosen mata kuliah character building pancasila kami yang telah memberikan bimbingan , ide, saran dan kesempatan untuk kegiatan ini.
2. Bina Nusantara University ,selaku pemberi fasilitas pembelajaran Character Building pancasila ini.
3. Teach For Indonesia(TFI), selaku organisasi yang telah bersedia bekerja sama dengan universitas kami untuk mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaran ini.
4. Seluruh guru, karyawan/staff, serta adik-adik PAUD Al-Baari Ibnu Danil , yang bersedia terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini.
Kami menyadari laporan ini tidaklah sempurna, maka dari itu kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca . Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami mengucapkan terima kasih.
Jakarta,15 mei 2017
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam era globalisasi saat ini usaha pembentukan karakter (character building ) menjadi tantangan sendiri bagi masyarakat Indonesia. Karakter menjadi sejumlah dasar yang mempengaruh pola pikir , tingkah laku seorang dalam berinteraksi. Maka dari itu pembentukan karakter sangat diperlukan dalam era globalisasi seperti ini, dimana perkembangan tekonologi,informasi, komunikasi, dan jarak interaksi yang semakin efisien. Sebagai masyarakat Indonesia ,pedoman karakter bangsa telah ada dalam bunyi-bunyi sila pancasila. Pancasila sebagai sumber nilai/ pedoman dari segala interaksi masyarakat Indonesia.
Oleh karena itu penanaman nilai-nilai Pancasila dalam karakter seseorang penting Nilai-nilai Pancasila mengandung akan, nilai ketuhanan yang Maha Esa, nilai Kemanusiaan,peradaban,persatuan,musyawarah untuk mufakat, dan keadilan social. Dari segala nilai yang mengharapkan pembentukan karakter bagi masyarakat yang sesuai agar terbentuknya kehidupan yang saling bertoleransi, bekerja sama ,damai, dan sejahtera.
Ruang Lingkup Kegiatan
Kegiatan ini merupakan kegiatan social dan pembentukan karakter , dimana kami selaku mahasiswa diajak untuk mendedikasikan diri untuk membimbing adik-adik PAUD, untuk belajar bersama. Dalam perwujudan dukungan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan mengamalkan nilai-nilai pancasila yanga da dalam pelaksanaan kegiatan ini
Tujuan dan Manfaat
• Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Menerapkan Character Building yang sesuai dengan pedoman sila Pancasila dalam diri mahasiswa
• Manfaat dari kegiatan ini adalah :Mahasiswa dapat mandiri , jujur, peduli, bertanggungjwab, disiplin, toleransi, saling bekerja sama dan nilai-nilai karakter yang lainnya yang dapat diaplikasikan dan dapat terus dipertahankan, dikembangkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hariny
BAB II
KONSEP
Pancasila yang memiliki peran sebagai ideologi negara yang berfungsi menggerakkan masyarakat untuk membangun bangsa Indonesia. Maka dari itulah Pancasila dipandang sebagai alat yang penting dalam membangun karakter anak muda Indonesia. Pada masa sekarang anak muda Indonesia dipandang kurang berperilaku sesuai dengan butir – butir Pancasila. Fakta yang menunjukkan memudarnya karakter Pancasila anak muda dapat dilihat dari kasus tawuran yang terjadi di kalangan pelajar di sekolah maupun mahasiswa, hal ini tentu bertentangan dengan sila ketiga yang menunjukkan memudarnya persatuan dan kesatuan yang terjadi pada generasi penerus bangsa ini. Maka dari itulah pendidikan Pancasila dikatakan penting untuk membangun karakter generasi muda.
Melalui pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi ini merupakan bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depannya. Dengan emosi yang cerdas, seseorang memiliki peluang besar berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan secara akademis. Hasil kompilasi penelitian Zins (2001) juga menunjukkan, bahwa ada pengaruh positif kecerdasan emosi anak terhadap keberhasilan di sekolah. Dari sederetan faktor-faktor resiko penyebab kegagalan anak di sekolah, ternyata kegagalan itu bukan terletak pada kecerdasan otak, melainkan pada faktor karakter, seperti rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, kemampuan berkonsentrasi, rasa empati, dan kemampuan berkomunikasi yang bermasalah. Maka dari itu, pada kesempatan ini, dilakukan kegiatan belajar bersama murid Taman Kanak-kanak sebagai salah satu aksi nyata membangun karakter dari usia dini. Dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan pembentukan karakter sesuai dengan butir – butir sila kita yang kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Butir-butir tersebut ialah gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan tidak semena-mena terhadap orang lain.
Kegiatan yang kami lakukan di Paud Al – Baari Ibnu Danil seperti mendengarkan cerita dari guru setiap hari Jumat, menggambar dan bermain selalu dimasukkan nilai nilai Pancasila di dalamnya. Sebagai contoh ketika guru selesai membacakan cerita, setiap anak diminta untuk mengatakan hal – hal apa saja yang patut ditiru dan tidak boleh dilakukan berdasarkan cerita yang diberikan, penjelasan – penjelasan seperti inilah yang dianggap penting untuk meningkatkan pengetahuan anak pada nilai – nilai Pancasila.
Kegiatan anak – anak Paud Al – Baari Ibnu Danil yang memiliki pendidikan pancasila di dalamnya adalah :
- Kegiatan berdoa rutin sebelum belajar dan mendengarkan ceramah setiap jumat pagi : kegiatan ini dapat mengajarkan anak – anak untuk menghargai setiap agama dan percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai kepercayaan masing – masing.
- Bermain dalam kelompok : mengajarkan anak – anak untuk menghargai setiap orang yang berbeda dengannya dan kerjasama dengan orang lain.
- Mendengarkan cerita rutin setiap hari Jumat : disini setiap anak akan berlajar bagaimana untuk menghargai orang lain, cinta tanah air dan berlaku adil kepada setiap orang melalui nilai yang terkandung di dalam cerita.
Kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk pendidikan karakter Pancasila, dimana setiap kegiatan berkaitan dengan nilai – nilai pancasila dari sila pertama hingga sila ke lima. Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Paud Al – Baari ini dilakukan agar setiap anak memiliki rasa Pancasila di dalam dirinya sehingga pelanggaran Pancasila seperti tawuran atau perusakan persatuan bangsa Indonesia tidak diulangi lagi oleh generasi muda penerus bangsa.
Dengan kegiatan ini diharapkan bisa membantu dalam pembentukan karakter anak-anak tersebut melalui media pendidikan sehingga setiap individu dapat memiliki karakter yang bermanfaat bagi lingkungan sosial di sekitar mereka.
BAB III
METODE KEGIATAN
A. Tema
Dalam kegiatan ini, diangkat tema “Pancasila Pedoman Hidupku” bertujuan untuk membangun dan menanamkan butir-butir Pancasila dalam diri anak-anak sejak usia dini.
B. Kegiatan
Kegiatan apa saja yang kami lakukan setelah 5 pertemuan tersebut:
a. Pembacaan Do’a Bersama
Pembacaan Do’a bersama guru dan anak-anak PAUD Al-Baari setiap hari Jum’at ketika akan memulai pelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan anak-anak untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b. Menyanyi dan Menari Bersama
Kegiatan ini dilakukan pada awal pertemuan, agar anak-anak lebih semangat untuk memulai aktivitasnya dan membangun ikatan antara kami dan anak-anak PAUD Al-Baari
c. Menulis dan membaca
Disini anak-anak diajarkan untuk menulis huruf serta membaca ALQuran
d. Menggambar dan Mewarnai Bersama
Setiap Hari Jum’at akan ada kegiatan menggambar serta mewarnai yang melatih kreativitas anak-anak PAUD Al-Baari
e. Pembacaan Dongeng atau Cerita
Kegiatan ini diawali dengan cerita tentang Nabi-Nabi yang melatih kefokusan anak-anak serta untuk tidak lupa bahwa betapa besarnya pengaruh Nabi-Nabi dalam kehidupan mereka.
C. Peserta
Siswa-siswi PAUD Al-Baari Ibnu Danil
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal : Jum’at,17 Maret 2017
Waktu : 08.00 – 10.00
Tempat : PAUD Al-Baari Ibnu Danil
Alamat : Jl. Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, RT.5/RW.1, Klp. Dua, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat
BAB IV
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Detail Kegiatan:
Tema Kegiatan: Menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme kepada anak
Waktu Kegiatan: Kamis,17 Maret 2017 – Senin, 10 April 2017
Lokasi Kegiatan: PAUD AL-BAARI IBNU DANIL
Sistematika Kegiatan: Mengajar sambil Bermain bersama anak-anak.
Objek Kegiatan: Anak-Anak Paud
B. Deskripsi Kegiatan:
1. Kegiatan Pertama
Pada tanggal 17 Maret 2017, Kelompok kami mengadakan survey ke Yayasan Al-Baari Ibnu Danil. Yayasan Al-Baari Ibnu Danil berlokasi di Jl. Cempaka No. 10 RT 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11550. Kami berkumpul di Kampus Anggrek sekitar jam 1.30. Lalu, kami berangkat ke Yayasan Al-Baari Ibnu Danil memakan waktu kurang lebih 1 jam.
Sekitar jam 2.30 kami tiba di Yayasan Al-Baari Ibnu Danil. Kami melihat - lihat lokasi tersebut lalu berbicara dengan Kepala Sekolah Yayasan Al-Baari Ibnu Danil untuk meminta persetujuan mengajar di Yayasan Al-Baari Ibnu Danil.
Setelah permintaan kunjungan kami disetujui, kami berencana untuk kembali lagi ke Yayasan Al Baari Ibnu Danil esok harinya pada tanggal 18 Maret 2017 untuk memberikan proposal.
Keesokan harinya, 18 Maret 2017. Kami berkumpul kembali di Binus Anggrek sekitar jam 11. Pada hari itu, tujuan kami adalah datang kembali ke Yayasan Al-Baari Ibnu Danil untuk memberikan proposal.
Sebelum menuju ke lokasi tersebut, kami mengajukan proposal untuk ditanda tangani oleh dosen CB kami, yaitu Bapak Yustinus Suhardi Ruman agar kami dapat surat pengantar.
Setelah itu, kami langsung menuju lokasi. Setibanya di Yayasan Al Baari Ibnu Danil kami langsung menemui Kepala Sekolah Yayasan Al Baari Ibnu Danil . Setelah proposal dilihat dan disetujui kami mulai membicarakan jadwal mengajar kami.
Setelah semua yang dibicarakan selesai, kami pun akhirnya pulang dan kembali lagi ke Yayasan Al Baari Ibnu Danil pada tanggal 24 Maret 2017.
Berikut kami lampirkan beberapa foto Yayasan Al Baari Ibnu Danil:
2. Kegiatan Kedua
Pada hari Jumat, 24 Maret 2017 kami berkunjung ke Paud Al Baari Ibnu Danil untuk melakukan pendampingan anak - anak paud. Pertemuan hari itu adalah pertemuan 1 kami dengan anak - anak yang ada di Paud.
Pukul 07.00 WIB kami berkumpul lalu berangkat ke Paud Al Baari Ibnu Danil. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Pukul 07.30 WIB kami sampai lalu berbincang dengan Kepala Sekolah Paud Al Baari Ibnu Dalil yaitu Ibu Sumarsih.
Ibu Sumarsih memberikan kami informasi dan pengarahan mengenai Paud Al Baari Ibnu Danil. Pukul berapa anak - anak masuk, Paud Al Baari Ibnu Danil memiliki berapa kelas dan bagaimana yang harus kita lakukan saat mendampingi anak - anak di dalam kelas.
Kegiatan belajar Paud Al Baari Ibnu Danil dimulai pukul 08.00 hingga 10.00. Di setiap hari jumat, Paud Al Baari Ibnu Danil mengawali kegiatan pembelajaraan dengan pembiasaan yaitu sholat bersama dan pembacaan cerita.
Pukul 08.00 semua murid Paud Al Baari Ibnu Danil masuk ke dalam satu kelas untuk memulai pembiasaan. Pembiasaan berlangsung selama 1 setengah jam.
Pukul 09.40 anak - anak masuk ke kelas masing – masing. Paud Al Baari Ibnu Danil terbagi menjadi 3 kelas, yaitu TK A, TK B dan Playgroup.
Karena kelompok kami memiliki anggota 7 orang, kami melakukan pembagian di TK A ada 3 orang ( Anita, Viola, Chrisaldy) , di TK B ada 3 orang ( Merlin, Silvia, Vena ) dan di Playgroup 1orang ( Kevin ) karena playgroup hanya memiliki 5 orang murid.
Lalu, kami mulai masuk kelas masing - masing sesuai dengan pembagian. Kami membimbing murid - murid paud disana dan membantu guru jika diperlukan.
Saat dikelas, Ibu Guru memperkenalkan kami yang datang ke paud. Setelah itu, anak - anak diajak bernyanyi dan bermain. Ketika bernyanyi dan bermain selesai barulah masuk ke sesi pembelajaran.
Sebelum masuk ke sesi pembelajaran, anak - anak duduk dikursi masing - masing yang sudah disediakan. Setelah anak - anak duduk Ibu Guru akan membagikan buku tulis.
Pembelajaran pertama adalah anak - anak belajar menulis yang sudah dicontohkan oleh Ibu Guru dalam buku tulis itu. Jika sudah selesai menulis, anak - anak mengumpulkan buku tulis itu dan menukarnya dengan buku gambar. Anak - anak harus mewarnai sesuai dengan contoh. Setelah selesai anak - anak mengumpulkan kembali buku tersebut. Lalu, satu persatu maju untuk melafalkan iqro.
Setelah semua kegiatan pembelajaran sudah dilakukan oleh masing - masing anak, Anak tersebut boleh bermain entah di dalam kelas maupun di luar kelas.
Di dalam kelas tersedia banyak mainan seperti puzzle, huruf dan angka, dan lainnya. Diluar kelas tersedia mainan seperti ayunan duduk, ayunan putar, perosotan dan lainnya.
Berikut adalah foto - foto kami saat di Paud Al Baari Ibnu Danil:
Kelas TK A
3. Kegiatan Ketiga
Pada tanggal 31 Maret 2017, kami berkunjung kembali ke Paud Al Baari Ibnu Danil yang ke 2. Pukul 07.00 kami berangkat dan sekitar 07.30 tiba di Paud tersebut.
Pada pukul 08.00 semua siswa - siswi Paud Al Baari Ibnu Danil masuk ke dalam satu kelas untuk melakukan pembiasaan. Pada hari itu, Ibu Ratna meceritakan mengenai Nabi Ayub. Sekitar 09.00 pembiasaan selesai dan siswa - siswi masuk ke kelas masing - masing.
Pada pertemuan yang ke 3 ini, kami melakukan pertukaran kelas. Kelas A didampingi oleh Merlin, Silvi dan Vena. Kelas B didampingi oleh Anita, Kevin dan Viola, dan kelas playgroup didampingi oleh Chrisaldy.
Didalam kelas, siswa - siswi diajari untuk mendikte. Setelah mendikte siswa - siswi disuruh untuk menulis huruf yang telah dicontohkan oleh ibu guru pada buku masing - masing. Lalu, jika siswa - siswi telah menyelesaikan semua tugasnya, siswa - siswi harus membaca iqro. Tambahan untuk kelas A, siswa - siswi harus mewarnai mengenai alam semesta yang telah kami sediakan.
Sekitar pukul 10.00 pembelajaran telah selesai. Siswa - siswi mulai bermain di depan kelas yang telah tersedia banyak mainan, seperti perosotan, ayunan dan lain lain.
Pukul 10.30 bel dibunyikan yang berarti siswa - siswi boleh pulang.
Berikut ini kami lampirkan beberapa foto pada saat pertemuan ke 3.
4. Kegiatan Keempat
Pada tanggal 7 April 2017, hari itu adalah pertemuan ke 4 kami dengan siswa - siswi Paud Al Baari Ibnu Danil.
Sekitar pukul 07.00 kami berkumpul dan berangkat ke Paud, dan pukul 07.30 kami tiba di lokasi untuk bersiap - siap.
Pukul 08.00 siswa - siswi mulai berdatangan dan masuk ke dalam ruang kelas B.
Seperti biasa, sebelum siswa - siswi masuk ke dalam pembelajaran, siswa - siswi mendapatkan pembiasaan terlebih dahulu. Pembiasaan meliputi pembacaan cerita oleh Ibu Guru.
Sebelum pembiasaan dilakukan, siswa - siswi baris berbaris terlebih dahulu didepan kelas untuk bernyanyi dan berdoa.
Setelah pembiasaan dilakukan, siswa - siswi masuk ke dalam kelas masing - masing. Kami terbagi menjadi 3 ruang kelas. Di kelas A ada Silvi, Vena dan Merlin. Di kelas B ada Anita, Chrisaldy dan Kevin. Di kelas playgroup ada Viola.
Di dalam kelas, siswa - siswi diajarkan untuk menulis yang sudah terlebih dahulu dicontohkan oleh Ibu Guru dalam buku tulis masing masing. Selain itu, siswa - siswi diajarkan untuk mendikte mendengarkan apa yang dibicarakan oleh Ibu Guru lalu menuliskan kembali di dalam buku tulis,
Setelah siswa - siswi melakukan pembelajaran tersebut, siswa - siswi akan maju satu per satu untuk membaca iqro di depan Ibu Guru. Jika siswa - siswi telah menyelesaikan pembelajarannya, maka siswa - siswi boleh beristirahat seperti bermain di depan kelas, atau makan sambil menunggu bel pulang.
Berikut adalah foto dari kegiatan kami:
5. Kegiatan Kelima
Pada tanggal 10 April 2017, hari itu adalah kunjungan terakhir kami untuk datang ke Paud Al Baari Ibnu Danil.
Pukul 07.00 kita berkumpul dan berangkat ke Paud Al Baari Ibnu Danil. Sekitar 07.30 kita sampai di sana dan bersiap - siap.
Pukul 08.00 Pembelajaran dimulai. Dikarenakan ada 2 kelompok yang akan mendampingi siswa - siswi Paud Al Baari Ibnu Danil pada hari itu, maka kami hanya mendampingi Playground dan TK A saja.
Di playground didampingi oleh Merlin, Silvia dan Vena. Sedangkan di TK A didampingi oleh Anita, Chrisaldy, Kevin dan Viola.
Pembelajaran di playground di pimpin oleh Ibu Desi. siswa - siswi playground yang hanya terdiri dari 4 anak memulai pembelajaran dengan membaca doa dan menyanyi bersama. Setelah itu, siswa - siswi harus mewarnai bunga mawar dan menempelkan kertas origami pada bunga mawar tersebut. Setelah siswa - siswi menyelesaikan tugasnya, mereka boleh beristirahat.
Pembelajaran di TK A dimulai dengan menyanyi bersama dan membaca doa. Jumlah murid di TK A sekitar 17 orang sehingga di TK A lebih banyak pendampingnya dibandingkan dengan playground. Pembelajaran dimulai dengan siswa - siswi harus menulis sesuai apa yang sudah dicontohkan oleh Ibu Guru pada buku tulis masing - masing. Setelah itu, siswa - siswi harus mewarnai sesuai dengan gambar yang dicontohkan. Lalu, siswa - siswi maju satu persatu untuk membaca iqro. Setelah semua tugas sudah dilaksanakan siswa - siswi boleh beristirahat.
Berhubung hari itu adalah pertemuan terakhir, kami akan membagikan snack untuk anak - anak sebagai tanda perpisahan. kami membagikan snack untuk siswa - siswi playground, siswa - siswi TK A dan siswa - siswi TK B.
Berikut adalah beberapa foto pada saat pertemuan terakhir :
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah kami melakukan pendampingan dalam proses belajar anak – anak di paud selama 4 kali pertemuan, kami mendapatkan berbagai macam pelajaran hidup. Anak – anak yang kami dampingi merupakan generasi penerus bangsa yang harus memahami nilai – nilai Pancasila sehingga kami berusaha mencerminkan sikap – sikap berdasarkan Pancasila dalam mendampingi anak – anak. Kami juga berusaha memberi pengertian mengenai setiap tindakan mereka yang kurang sesuai dalam Pancasila agar mereka tidak mengulangi perbuatan itu lagi. Tidak hanya itu, kami pun belajar mengenai sikap Pancasila dalam berinteraksi dengan mereka.
Sikap saling menghargai, saling menghormati, sikap toleransi, sikap saling membantu adalah sikap yang paling penting ditanamkan pada anak – anak sejak usia dini. Hal itu kami simpulkan dari pengalaman kami selama mendampingi mereka. Dilihat dari segi usia yang masih dini, penyimpangan – penyimpangan atau sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila sudah banyak terjadi. Misalnya pada saat kami mendampingi mereka, ada beberapa anak yang bersikap kasar kepada temannya, ada juga beberapa anak yang mengolok – olok fisik serta kemampuan intelektual temannya.
Jadi kesimpulannya, Pendidikan Pancasila sejak dini merupakan hal yang penting. Para generasi muda haruslah memiliki pribadi yang sesuai dengan pancasila, bukan pribadi yang brutal, yang lebih menggunakan otot dari pada otak. Dengan kebiasaan berperilaku yang berdasarkan pancasila sejak dini, maka kedepannya seseorang akan terus berpegang teguh pada Pancasila dan memiliki pribadi yang sesuai dengan Pancasila.
Saran
Saran yang dapat kami berikan khususnya kepada generasi muda adalah agar lebih memahami dan menghayati nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila secara mendalam, tidak hanya memahami dalam teori saja melainkan dalam praktiknya. Dengan begitu, semakin banyak generasi muda yang betul – betul menjiwai Pancasila dan hal itu akan berdampak positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, Pendidikan Pancasila sejak dini juga diperlukan agar masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berdedikasi tinggi dalam hukum tetapi tetap menjunjung tinggi nilai – nilai dalam Pancasila dan cita – cita bangsa Indonesia yang terkandung dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
LAMPIRAN 1 : Notulen Kegiatan Diskusi Kelompok
A. Waktu dan Tempat Rapat
1. Hari, Tanggal : Kamis, 16 Maret 2017
2. Pukul :13.00
3. Tempat :Binus Anggrek
B. Anggota Kelompok ( Hadir )
1. Chrisaldy Diwanda Markus P. - 2001555433
2. Anita Matania Kornelius - 2001572181
3. Merlin Claudya – 2001560036
4. Vena Rianty Sutanto – 2001562981
5. Silvia Fransisca Tanto – 2001554185
6. Kevin Chang – 2001598975
7. Viola Vallace – 2001557275
C. Uraian Diskusi
Diskusi yang berlangsung dimulai dengan membahas pemilihan lokasi paud yang masih tersedia dan bisa dikunjungi, daftar paud yang telah didata sebelumnya kemudian dihubungi satu persatu. Setelah mendapatkan informasi paud yang tersedia, setiap anggota mulai berdiskusi pembagian tugas dan sarana yang akan digunakan untuk menuju paud selama kegiatan berlangsung. Alat – alat yang digunakan untuk dokomentasi akan menggunakan kamera handphone masing – masing anggota. Diskusi yang dilakukan berlangsung selama satu jam dengan kehadiran seluruh anggota kelompok.
D. Kesimpulan Diskusi Kelompok
1. Lokasi paud yang akan menjadi lokasi kegiatan adalah Paud AL – Baari Ibnu Danil yang terletak di Jl. Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, RT.5/RW.1, Klp. Dua, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.
2. Survei lokasi dan penyerahan proposal akan dilakukan pada tanggal 17 Maret 2017.
3. Anggaran kegiatan selama perjalanan menuju lokasi paud akan menjadi tanggungan bersama, dan dana akan dikumpulkan ke bendahara.
4. Alat dokumentasi selama kegiatan menggunakan kamera handphone masing – masing anggota, file data dokumentasi akan dikirimkan kepada sekretaris untuk kemudian dimasukkan ke dalam blog CB Pancasila.
5. Alat transportasi yang akan digunakan selama kegiatan CB Pancasila di Paud berlangsung adalah grab car / go- car.
LAMPIRAN 1 : Survey Lokasi
B. Lokasi Survei
Paud Al – Baari Ibnu Danil
( Jl. Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, RT.5/RW.1, Klp. Dua, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.)
C. Waktu Survei
4. Hari, Tanggal : Kamis, 17 Maret 2017
5. Pukul :14.30
C. Anggota Kelompok ( Hadir )
8. Chrisaldy Diwanda Markus P. - 2001555433
9. Anita Matania Kornelius - 2001572181
10. Merlin Claudya – 2001560036
11. Vena Rianty Sutanto – 2001562981
12. Silvia Fransisca Tanto – 2001554185
13. Kevin Chang – 2001598975
14. Viola Vallace – 2001557275
E. Pihak yang dijumpai saat survey
Pihak yang dijumpai saat survey adalah Bapak Yahid selaku perwakilan kepala sekolah Paud Al- Baari Ibnu Danil yang berhalangan untuk hadir pada hari pertama survey.
F. Hasil Survey
1. Hari yang ditentukan untuk mengajar dan mendampingi anak – anak di Paud Al – Baari Ibnu Danil adalah setiap hari Jumat, dari jam 7. 30 – 10.00.
2. Materi yang dibawakan selama mengajar harus melalui persetujuan dari guru yang mengajar di kelas dan disesuaikan dengan materi yang dibawakan pada hari tersebut.
3. Setiap pertemuan akan dibagi menjadi 3 kelompok yang mengajar di kelas A, kelas B dan kelas playgroup.
4. Jadwal mengajar di Paud Al – Baari Ibnu Danil adalah sebanyak lima pertemuan.
E. Foto Kegiatan Survey
LAMPIRAN 3 : Diskusi Pembuatan Laporan Akhir
A. Waktu dan Tempat Rapat
6. Hari, Tanggal : Senin, 22 Mei 2017
7. Pukul :18.00
8. Tempat :Kost area kemanggisan
D. Anggota Kelompok ( Hadir )
15. Chrisaldy Diwanda Markus P. - 2001555433
16. Anita Matania Kornelius - 2001572181
17. Merlin Claudya – 2001560036
18. Vena Rianty Sutanto – 2001562981
19. Silvia Fransisca Tanto – 2001554185
20. Kevin Chang – 2001598975
21. Viola Vallace – 2001557275
G. Uraian Diskusi
Diskusi yang berlangsung dimulai dengan membahas pembuatan laporan akhir CB Pancasila yang berlangsung di Paud Al – Baari Ibnu Danil selama lima pertemuan. Hal yang pertama kali dilakukan adalah pembagian tugas dimana setiap anggota memiliki tugas dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi dan dokumentasi selama mengajar di paud. Selain itu penyusunan laporan akhir ini juga menjadi topik yang dibahas selama diskusi berlangsung.
H. Kesimpulan Diskusi Kelompok
1. Masing – masing anggota bertanggung jawab untuk menyusun laporan setiap bab, yang kemudian nantinya akan digabungkan menjadi satu untuk kemudian disesuaikan dan diperbaiki lagi. Hal ini bertujuan agar pembuatan laporan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.
2. Informasi dan dokumentasi yang dimiliki setiap anggota dikirimkan kepada sekretaris untuk dimasukkan kedalam laporan akhir.
3. Setiap anggota membaca ulang laporan akhir yang telah selesai untuk memastikan data yang diberikan sesuai dengan kegiatan mengajar selama di Paud Al - Baari Ibnu Danil.
4. Template laporan akhir yang digunakan adalah template yang telah diberikan oleh dosen mata kuliah CB Pancasila dan disesuaikan.
ABSEN CHARACTER BUILDING YAYASAN AL - BAARI IBNU DANIL
Nama / Tanggal 17 Maret 2017 24 Maret 2017 31 Maret 2017 7 April 2017 14 April 2017
Anita M.K. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Vena R.S Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Merlin C. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Viola V. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir Hadir
Silvia F. T. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Chrisaldy D.M.P Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Mengetahui,
( Kepala sekolah Paud Al- Baari Ibnu Danil )
Pembelajaran Di PAUD AL-Baari Ibnu Danil Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila
Bersama Teach For Indonesia(TFI)
Dosen : Yustinus Suhardi Ruman
MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Disusun oleh :
• Anita Matania Kornelius - 2001572181
• Merlin Claudya- 2001560036
• Viola Vallace- 2001557275
• Silvia Fransiska- 2001554185
• Vena Rianty- 2001562981
• Chrisaldy Diwanda M.P - 2001555433
• Kevin Cang- 2001598975
KELAS : LA14
BINUS UNIVERSITY
2017
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL
Project Luar Kelas Character Building Pancasila
1. Judul Project :Membangun Karakter Pancasila Melalui Pendidikan Anak
Usia Dini
2. Lokasi Project :PAUD Al-Baari Ibnu Danil
3. Kelompok Target Project :Anak-anak PAUD
4. Mata Kuliah :Character Building Pancasila
5. Kelas :LA14
6. Dosen :Yustinus Suhardi Ruman
7. Nama Anggota :
Anita Matania Kornelius – 2001572181
Merlin Claudya – 2001560036
Viola Vallace – 2001557275
Silvia Fransisca – 2001554185
Vena Rianty – 2001562981
Chrisaldy Diwanda M.P - 2001555433
Kevin cang - 2001598975
Jakarta, 15 Mei 2017
Mengetahui Ketua Kelompok
(……………………………………) (……………………………………)
Dosen CB Pancasila
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL i
DAFTAR ISI ii
KATA PENGANTAR iii
BAB I PENDAHULUAN 1
Latar Belakang 1
Ruang Lingkup Kegiatan 1
Tujuan dan Manfaat 1
BAB II KONSEP 2
BAB III METODE KEGIATAN 4
A. Tema 4
B. Kegiatan 4
C. Peserta 4
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 4
BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN 5
A. Detail Kegiatan: 5
B. Deskripsi Kegiatan: 5
1. Kegiatan Pertama 5
2. Kegiatan Kedua 6
3. Kegiatan Ketiga 8
4. Kegiatan Keempat 10
5. Kegiatan Kelima 11
BAB V PENUTUP 12
Kesimpulan 12
Saran 12
LAMPIRAN 1 : Notulen Kegiatan Diskusi Kelompok 13
LAMPIRAN 1 : Survey Lokasi 14
LAMPIRAN 3 : Diskusi Pembuatan Laporan Akhir 15
ABSEN CHARACTER BUILDING YAYASAN AL - BAARI IBNU DANIL 16
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan kehendak-Nya, kami dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Pembelajaran di PAUD AL-Baari Ibnu Danil dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila bersama Teach For Indonesia (TFI)” dan juga pembelajaran melalui pengajaran di PAUD AL-Baari Ibnu Danil berlokasi di JL.Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk,Kota Jakarta Barat dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya.
Laporan ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan yang kami kerjakan dalam penerapan mata kuliah Character Building Pancasila, dimana dalam kegiatan ini bertujuan menerapkan Pancasila sebagai sumber karakter. Maka diharapakan dari kegiatan ini kami dapat menerapkan sikap dan karakter yang baik sesuai pedoman dalam bunyi-bunyi sila Pancasila Indonesia sebagai generasi penerus bangsa, dan warga negara Indonesia.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas dukungan moral dan materi. Kepada:
1. Bapak Yustinus Suhardi Ruman, selaku dosen mata kuliah character building pancasila kami yang telah memberikan bimbingan , ide, saran dan kesempatan untuk kegiatan ini.
2. Bina Nusantara University ,selaku pemberi fasilitas pembelajaran Character Building pancasila ini.
3. Teach For Indonesia(TFI), selaku organisasi yang telah bersedia bekerja sama dengan universitas kami untuk mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaran ini.
4. Seluruh guru, karyawan/staff, serta adik-adik PAUD Al-Baari Ibnu Danil , yang bersedia terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini.
Kami menyadari laporan ini tidaklah sempurna, maka dari itu kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca . Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami mengucapkan terima kasih.
Jakarta,15 mei 2017
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam era globalisasi saat ini usaha pembentukan karakter (character building ) menjadi tantangan sendiri bagi masyarakat Indonesia. Karakter menjadi sejumlah dasar yang mempengaruh pola pikir , tingkah laku seorang dalam berinteraksi. Maka dari itu pembentukan karakter sangat diperlukan dalam era globalisasi seperti ini, dimana perkembangan tekonologi,informasi, komunikasi, dan jarak interaksi yang semakin efisien. Sebagai masyarakat Indonesia ,pedoman karakter bangsa telah ada dalam bunyi-bunyi sila pancasila. Pancasila sebagai sumber nilai/ pedoman dari segala interaksi masyarakat Indonesia.
Oleh karena itu penanaman nilai-nilai Pancasila dalam karakter seseorang penting Nilai-nilai Pancasila mengandung akan, nilai ketuhanan yang Maha Esa, nilai Kemanusiaan,peradaban,persatuan,musyawarah untuk mufakat, dan keadilan social. Dari segala nilai yang mengharapkan pembentukan karakter bagi masyarakat yang sesuai agar terbentuknya kehidupan yang saling bertoleransi, bekerja sama ,damai, dan sejahtera.
Ruang Lingkup Kegiatan
Kegiatan ini merupakan kegiatan social dan pembentukan karakter , dimana kami selaku mahasiswa diajak untuk mendedikasikan diri untuk membimbing adik-adik PAUD, untuk belajar bersama. Dalam perwujudan dukungan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan mengamalkan nilai-nilai pancasila yanga da dalam pelaksanaan kegiatan ini
Tujuan dan Manfaat
• Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Menerapkan Character Building yang sesuai dengan pedoman sila Pancasila dalam diri mahasiswa
• Manfaat dari kegiatan ini adalah :Mahasiswa dapat mandiri , jujur, peduli, bertanggungjwab, disiplin, toleransi, saling bekerja sama dan nilai-nilai karakter yang lainnya yang dapat diaplikasikan dan dapat terus dipertahankan, dikembangkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hariny
BAB II
KONSEP
Pancasila yang memiliki peran sebagai ideologi negara yang berfungsi menggerakkan masyarakat untuk membangun bangsa Indonesia. Maka dari itulah Pancasila dipandang sebagai alat yang penting dalam membangun karakter anak muda Indonesia. Pada masa sekarang anak muda Indonesia dipandang kurang berperilaku sesuai dengan butir – butir Pancasila. Fakta yang menunjukkan memudarnya karakter Pancasila anak muda dapat dilihat dari kasus tawuran yang terjadi di kalangan pelajar di sekolah maupun mahasiswa, hal ini tentu bertentangan dengan sila ketiga yang menunjukkan memudarnya persatuan dan kesatuan yang terjadi pada generasi penerus bangsa ini. Maka dari itulah pendidikan Pancasila dikatakan penting untuk membangun karakter generasi muda.
Melalui pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi ini merupakan bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depannya. Dengan emosi yang cerdas, seseorang memiliki peluang besar berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan secara akademis. Hasil kompilasi penelitian Zins (2001) juga menunjukkan, bahwa ada pengaruh positif kecerdasan emosi anak terhadap keberhasilan di sekolah. Dari sederetan faktor-faktor resiko penyebab kegagalan anak di sekolah, ternyata kegagalan itu bukan terletak pada kecerdasan otak, melainkan pada faktor karakter, seperti rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, kemampuan berkonsentrasi, rasa empati, dan kemampuan berkomunikasi yang bermasalah. Maka dari itu, pada kesempatan ini, dilakukan kegiatan belajar bersama murid Taman Kanak-kanak sebagai salah satu aksi nyata membangun karakter dari usia dini. Dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan pembentukan karakter sesuai dengan butir – butir sila kita yang kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Butir-butir tersebut ialah gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan tidak semena-mena terhadap orang lain.
Kegiatan yang kami lakukan di Paud Al – Baari Ibnu Danil seperti mendengarkan cerita dari guru setiap hari Jumat, menggambar dan bermain selalu dimasukkan nilai nilai Pancasila di dalamnya. Sebagai contoh ketika guru selesai membacakan cerita, setiap anak diminta untuk mengatakan hal – hal apa saja yang patut ditiru dan tidak boleh dilakukan berdasarkan cerita yang diberikan, penjelasan – penjelasan seperti inilah yang dianggap penting untuk meningkatkan pengetahuan anak pada nilai – nilai Pancasila.
Kegiatan anak – anak Paud Al – Baari Ibnu Danil yang memiliki pendidikan pancasila di dalamnya adalah :
- Kegiatan berdoa rutin sebelum belajar dan mendengarkan ceramah setiap jumat pagi : kegiatan ini dapat mengajarkan anak – anak untuk menghargai setiap agama dan percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai kepercayaan masing – masing.
- Bermain dalam kelompok : mengajarkan anak – anak untuk menghargai setiap orang yang berbeda dengannya dan kerjasama dengan orang lain.
- Mendengarkan cerita rutin setiap hari Jumat : disini setiap anak akan berlajar bagaimana untuk menghargai orang lain, cinta tanah air dan berlaku adil kepada setiap orang melalui nilai yang terkandung di dalam cerita.
Kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk pendidikan karakter Pancasila, dimana setiap kegiatan berkaitan dengan nilai – nilai pancasila dari sila pertama hingga sila ke lima. Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Paud Al – Baari ini dilakukan agar setiap anak memiliki rasa Pancasila di dalam dirinya sehingga pelanggaran Pancasila seperti tawuran atau perusakan persatuan bangsa Indonesia tidak diulangi lagi oleh generasi muda penerus bangsa.
Dengan kegiatan ini diharapkan bisa membantu dalam pembentukan karakter anak-anak tersebut melalui media pendidikan sehingga setiap individu dapat memiliki karakter yang bermanfaat bagi lingkungan sosial di sekitar mereka.
BAB III
METODE KEGIATAN
A. Tema
Dalam kegiatan ini, diangkat tema “Pancasila Pedoman Hidupku” bertujuan untuk membangun dan menanamkan butir-butir Pancasila dalam diri anak-anak sejak usia dini.
B. Kegiatan
Kegiatan apa saja yang kami lakukan setelah 5 pertemuan tersebut:
a. Pembacaan Do’a Bersama
Pembacaan Do’a bersama guru dan anak-anak PAUD Al-Baari setiap hari Jum’at ketika akan memulai pelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan anak-anak untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b. Menyanyi dan Menari Bersama
Kegiatan ini dilakukan pada awal pertemuan, agar anak-anak lebih semangat untuk memulai aktivitasnya dan membangun ikatan antara kami dan anak-anak PAUD Al-Baari
c. Menulis dan membaca
Disini anak-anak diajarkan untuk menulis huruf serta membaca ALQuran
d. Menggambar dan Mewarnai Bersama
Setiap Hari Jum’at akan ada kegiatan menggambar serta mewarnai yang melatih kreativitas anak-anak PAUD Al-Baari
e. Pembacaan Dongeng atau Cerita
Kegiatan ini diawali dengan cerita tentang Nabi-Nabi yang melatih kefokusan anak-anak serta untuk tidak lupa bahwa betapa besarnya pengaruh Nabi-Nabi dalam kehidupan mereka.
C. Peserta
Siswa-siswi PAUD Al-Baari Ibnu Danil
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal : Jum’at,17 Maret 2017
Waktu : 08.00 – 10.00
Tempat : PAUD Al-Baari Ibnu Danil
Alamat : Jl. Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, RT.5/RW.1, Klp. Dua, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat
BAB IV
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Detail Kegiatan:
Tema Kegiatan: Menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme kepada anak
Waktu Kegiatan: Kamis,17 Maret 2017 – Senin, 10 April 2017
Lokasi Kegiatan: PAUD AL-BAARI IBNU DANIL
Sistematika Kegiatan: Mengajar sambil Bermain bersama anak-anak.
Objek Kegiatan: Anak-Anak Paud
B. Deskripsi Kegiatan:
1. Kegiatan Pertama
Pada tanggal 17 Maret 2017, Kelompok kami mengadakan survey ke Yayasan Al-Baari Ibnu Danil. Yayasan Al-Baari Ibnu Danil berlokasi di Jl. Cempaka No. 10 RT 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11550. Kami berkumpul di Kampus Anggrek sekitar jam 1.30. Lalu, kami berangkat ke Yayasan Al-Baari Ibnu Danil memakan waktu kurang lebih 1 jam.
Sekitar jam 2.30 kami tiba di Yayasan Al-Baari Ibnu Danil. Kami melihat - lihat lokasi tersebut lalu berbicara dengan Kepala Sekolah Yayasan Al-Baari Ibnu Danil untuk meminta persetujuan mengajar di Yayasan Al-Baari Ibnu Danil.
Setelah permintaan kunjungan kami disetujui, kami berencana untuk kembali lagi ke Yayasan Al Baari Ibnu Danil esok harinya pada tanggal 18 Maret 2017 untuk memberikan proposal.
Keesokan harinya, 18 Maret 2017. Kami berkumpul kembali di Binus Anggrek sekitar jam 11. Pada hari itu, tujuan kami adalah datang kembali ke Yayasan Al-Baari Ibnu Danil untuk memberikan proposal.
Sebelum menuju ke lokasi tersebut, kami mengajukan proposal untuk ditanda tangani oleh dosen CB kami, yaitu Bapak Yustinus Suhardi Ruman agar kami dapat surat pengantar.
Setelah itu, kami langsung menuju lokasi. Setibanya di Yayasan Al Baari Ibnu Danil kami langsung menemui Kepala Sekolah Yayasan Al Baari Ibnu Danil . Setelah proposal dilihat dan disetujui kami mulai membicarakan jadwal mengajar kami.
Setelah semua yang dibicarakan selesai, kami pun akhirnya pulang dan kembali lagi ke Yayasan Al Baari Ibnu Danil pada tanggal 24 Maret 2017.
Berikut kami lampirkan beberapa foto Yayasan Al Baari Ibnu Danil:
2. Kegiatan Kedua
Pada hari Jumat, 24 Maret 2017 kami berkunjung ke Paud Al Baari Ibnu Danil untuk melakukan pendampingan anak - anak paud. Pertemuan hari itu adalah pertemuan 1 kami dengan anak - anak yang ada di Paud.
Pukul 07.00 WIB kami berkumpul lalu berangkat ke Paud Al Baari Ibnu Danil. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Pukul 07.30 WIB kami sampai lalu berbincang dengan Kepala Sekolah Paud Al Baari Ibnu Dalil yaitu Ibu Sumarsih.
Ibu Sumarsih memberikan kami informasi dan pengarahan mengenai Paud Al Baari Ibnu Danil. Pukul berapa anak - anak masuk, Paud Al Baari Ibnu Danil memiliki berapa kelas dan bagaimana yang harus kita lakukan saat mendampingi anak - anak di dalam kelas.
Kegiatan belajar Paud Al Baari Ibnu Danil dimulai pukul 08.00 hingga 10.00. Di setiap hari jumat, Paud Al Baari Ibnu Danil mengawali kegiatan pembelajaraan dengan pembiasaan yaitu sholat bersama dan pembacaan cerita.
Pukul 08.00 semua murid Paud Al Baari Ibnu Danil masuk ke dalam satu kelas untuk memulai pembiasaan. Pembiasaan berlangsung selama 1 setengah jam.
Pukul 09.40 anak - anak masuk ke kelas masing – masing. Paud Al Baari Ibnu Danil terbagi menjadi 3 kelas, yaitu TK A, TK B dan Playgroup.
Karena kelompok kami memiliki anggota 7 orang, kami melakukan pembagian di TK A ada 3 orang ( Anita, Viola, Chrisaldy) , di TK B ada 3 orang ( Merlin, Silvia, Vena ) dan di Playgroup 1orang ( Kevin ) karena playgroup hanya memiliki 5 orang murid.
Lalu, kami mulai masuk kelas masing - masing sesuai dengan pembagian. Kami membimbing murid - murid paud disana dan membantu guru jika diperlukan.
Saat dikelas, Ibu Guru memperkenalkan kami yang datang ke paud. Setelah itu, anak - anak diajak bernyanyi dan bermain. Ketika bernyanyi dan bermain selesai barulah masuk ke sesi pembelajaran.
Sebelum masuk ke sesi pembelajaran, anak - anak duduk dikursi masing - masing yang sudah disediakan. Setelah anak - anak duduk Ibu Guru akan membagikan buku tulis.
Pembelajaran pertama adalah anak - anak belajar menulis yang sudah dicontohkan oleh Ibu Guru dalam buku tulis itu. Jika sudah selesai menulis, anak - anak mengumpulkan buku tulis itu dan menukarnya dengan buku gambar. Anak - anak harus mewarnai sesuai dengan contoh. Setelah selesai anak - anak mengumpulkan kembali buku tersebut. Lalu, satu persatu maju untuk melafalkan iqro.
Setelah semua kegiatan pembelajaran sudah dilakukan oleh masing - masing anak, Anak tersebut boleh bermain entah di dalam kelas maupun di luar kelas.
Di dalam kelas tersedia banyak mainan seperti puzzle, huruf dan angka, dan lainnya. Diluar kelas tersedia mainan seperti ayunan duduk, ayunan putar, perosotan dan lainnya.
Berikut adalah foto - foto kami saat di Paud Al Baari Ibnu Danil:
Kelas TK A
3. Kegiatan Ketiga
Pada tanggal 31 Maret 2017, kami berkunjung kembali ke Paud Al Baari Ibnu Danil yang ke 2. Pukul 07.00 kami berangkat dan sekitar 07.30 tiba di Paud tersebut.
Pada pukul 08.00 semua siswa - siswi Paud Al Baari Ibnu Danil masuk ke dalam satu kelas untuk melakukan pembiasaan. Pada hari itu, Ibu Ratna meceritakan mengenai Nabi Ayub. Sekitar 09.00 pembiasaan selesai dan siswa - siswi masuk ke kelas masing - masing.
Pada pertemuan yang ke 3 ini, kami melakukan pertukaran kelas. Kelas A didampingi oleh Merlin, Silvi dan Vena. Kelas B didampingi oleh Anita, Kevin dan Viola, dan kelas playgroup didampingi oleh Chrisaldy.
Didalam kelas, siswa - siswi diajari untuk mendikte. Setelah mendikte siswa - siswi disuruh untuk menulis huruf yang telah dicontohkan oleh ibu guru pada buku masing - masing. Lalu, jika siswa - siswi telah menyelesaikan semua tugasnya, siswa - siswi harus membaca iqro. Tambahan untuk kelas A, siswa - siswi harus mewarnai mengenai alam semesta yang telah kami sediakan.
Sekitar pukul 10.00 pembelajaran telah selesai. Siswa - siswi mulai bermain di depan kelas yang telah tersedia banyak mainan, seperti perosotan, ayunan dan lain lain.
Pukul 10.30 bel dibunyikan yang berarti siswa - siswi boleh pulang.
Berikut ini kami lampirkan beberapa foto pada saat pertemuan ke 3.
4. Kegiatan Keempat
Pada tanggal 7 April 2017, hari itu adalah pertemuan ke 4 kami dengan siswa - siswi Paud Al Baari Ibnu Danil.
Sekitar pukul 07.00 kami berkumpul dan berangkat ke Paud, dan pukul 07.30 kami tiba di lokasi untuk bersiap - siap.
Pukul 08.00 siswa - siswi mulai berdatangan dan masuk ke dalam ruang kelas B.
Seperti biasa, sebelum siswa - siswi masuk ke dalam pembelajaran, siswa - siswi mendapatkan pembiasaan terlebih dahulu. Pembiasaan meliputi pembacaan cerita oleh Ibu Guru.
Sebelum pembiasaan dilakukan, siswa - siswi baris berbaris terlebih dahulu didepan kelas untuk bernyanyi dan berdoa.
Setelah pembiasaan dilakukan, siswa - siswi masuk ke dalam kelas masing - masing. Kami terbagi menjadi 3 ruang kelas. Di kelas A ada Silvi, Vena dan Merlin. Di kelas B ada Anita, Chrisaldy dan Kevin. Di kelas playgroup ada Viola.
Di dalam kelas, siswa - siswi diajarkan untuk menulis yang sudah terlebih dahulu dicontohkan oleh Ibu Guru dalam buku tulis masing masing. Selain itu, siswa - siswi diajarkan untuk mendikte mendengarkan apa yang dibicarakan oleh Ibu Guru lalu menuliskan kembali di dalam buku tulis,
Setelah siswa - siswi melakukan pembelajaran tersebut, siswa - siswi akan maju satu per satu untuk membaca iqro di depan Ibu Guru. Jika siswa - siswi telah menyelesaikan pembelajarannya, maka siswa - siswi boleh beristirahat seperti bermain di depan kelas, atau makan sambil menunggu bel pulang.
Berikut adalah foto dari kegiatan kami:
5. Kegiatan Kelima
Pada tanggal 10 April 2017, hari itu adalah kunjungan terakhir kami untuk datang ke Paud Al Baari Ibnu Danil.
Pukul 07.00 kita berkumpul dan berangkat ke Paud Al Baari Ibnu Danil. Sekitar 07.30 kita sampai di sana dan bersiap - siap.
Pukul 08.00 Pembelajaran dimulai. Dikarenakan ada 2 kelompok yang akan mendampingi siswa - siswi Paud Al Baari Ibnu Danil pada hari itu, maka kami hanya mendampingi Playground dan TK A saja.
Di playground didampingi oleh Merlin, Silvia dan Vena. Sedangkan di TK A didampingi oleh Anita, Chrisaldy, Kevin dan Viola.
Pembelajaran di playground di pimpin oleh Ibu Desi. siswa - siswi playground yang hanya terdiri dari 4 anak memulai pembelajaran dengan membaca doa dan menyanyi bersama. Setelah itu, siswa - siswi harus mewarnai bunga mawar dan menempelkan kertas origami pada bunga mawar tersebut. Setelah siswa - siswi menyelesaikan tugasnya, mereka boleh beristirahat.
Pembelajaran di TK A dimulai dengan menyanyi bersama dan membaca doa. Jumlah murid di TK A sekitar 17 orang sehingga di TK A lebih banyak pendampingnya dibandingkan dengan playground. Pembelajaran dimulai dengan siswa - siswi harus menulis sesuai apa yang sudah dicontohkan oleh Ibu Guru pada buku tulis masing - masing. Setelah itu, siswa - siswi harus mewarnai sesuai dengan gambar yang dicontohkan. Lalu, siswa - siswi maju satu persatu untuk membaca iqro. Setelah semua tugas sudah dilaksanakan siswa - siswi boleh beristirahat.
Berhubung hari itu adalah pertemuan terakhir, kami akan membagikan snack untuk anak - anak sebagai tanda perpisahan. kami membagikan snack untuk siswa - siswi playground, siswa - siswi TK A dan siswa - siswi TK B.
Berikut adalah beberapa foto pada saat pertemuan terakhir :
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah kami melakukan pendampingan dalam proses belajar anak – anak di paud selama 4 kali pertemuan, kami mendapatkan berbagai macam pelajaran hidup. Anak – anak yang kami dampingi merupakan generasi penerus bangsa yang harus memahami nilai – nilai Pancasila sehingga kami berusaha mencerminkan sikap – sikap berdasarkan Pancasila dalam mendampingi anak – anak. Kami juga berusaha memberi pengertian mengenai setiap tindakan mereka yang kurang sesuai dalam Pancasila agar mereka tidak mengulangi perbuatan itu lagi. Tidak hanya itu, kami pun belajar mengenai sikap Pancasila dalam berinteraksi dengan mereka.
Sikap saling menghargai, saling menghormati, sikap toleransi, sikap saling membantu adalah sikap yang paling penting ditanamkan pada anak – anak sejak usia dini. Hal itu kami simpulkan dari pengalaman kami selama mendampingi mereka. Dilihat dari segi usia yang masih dini, penyimpangan – penyimpangan atau sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila sudah banyak terjadi. Misalnya pada saat kami mendampingi mereka, ada beberapa anak yang bersikap kasar kepada temannya, ada juga beberapa anak yang mengolok – olok fisik serta kemampuan intelektual temannya.
Jadi kesimpulannya, Pendidikan Pancasila sejak dini merupakan hal yang penting. Para generasi muda haruslah memiliki pribadi yang sesuai dengan pancasila, bukan pribadi yang brutal, yang lebih menggunakan otot dari pada otak. Dengan kebiasaan berperilaku yang berdasarkan pancasila sejak dini, maka kedepannya seseorang akan terus berpegang teguh pada Pancasila dan memiliki pribadi yang sesuai dengan Pancasila.
Saran
Saran yang dapat kami berikan khususnya kepada generasi muda adalah agar lebih memahami dan menghayati nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila secara mendalam, tidak hanya memahami dalam teori saja melainkan dalam praktiknya. Dengan begitu, semakin banyak generasi muda yang betul – betul menjiwai Pancasila dan hal itu akan berdampak positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, Pendidikan Pancasila sejak dini juga diperlukan agar masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berdedikasi tinggi dalam hukum tetapi tetap menjunjung tinggi nilai – nilai dalam Pancasila dan cita – cita bangsa Indonesia yang terkandung dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
LAMPIRAN 1 : Notulen Kegiatan Diskusi Kelompok
A. Waktu dan Tempat Rapat
1. Hari, Tanggal : Kamis, 16 Maret 2017
2. Pukul :13.00
3. Tempat :Binus Anggrek
B. Anggota Kelompok ( Hadir )
1. Chrisaldy Diwanda Markus P. - 2001555433
2. Anita Matania Kornelius - 2001572181
3. Merlin Claudya – 2001560036
4. Vena Rianty Sutanto – 2001562981
5. Silvia Fransisca Tanto – 2001554185
6. Kevin Chang – 2001598975
7. Viola Vallace – 2001557275
C. Uraian Diskusi
Diskusi yang berlangsung dimulai dengan membahas pemilihan lokasi paud yang masih tersedia dan bisa dikunjungi, daftar paud yang telah didata sebelumnya kemudian dihubungi satu persatu. Setelah mendapatkan informasi paud yang tersedia, setiap anggota mulai berdiskusi pembagian tugas dan sarana yang akan digunakan untuk menuju paud selama kegiatan berlangsung. Alat – alat yang digunakan untuk dokomentasi akan menggunakan kamera handphone masing – masing anggota. Diskusi yang dilakukan berlangsung selama satu jam dengan kehadiran seluruh anggota kelompok.
D. Kesimpulan Diskusi Kelompok
1. Lokasi paud yang akan menjadi lokasi kegiatan adalah Paud AL – Baari Ibnu Danil yang terletak di Jl. Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, RT.5/RW.1, Klp. Dua, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.
2. Survei lokasi dan penyerahan proposal akan dilakukan pada tanggal 17 Maret 2017.
3. Anggaran kegiatan selama perjalanan menuju lokasi paud akan menjadi tanggungan bersama, dan dana akan dikumpulkan ke bendahara.
4. Alat dokumentasi selama kegiatan menggunakan kamera handphone masing – masing anggota, file data dokumentasi akan dikirimkan kepada sekretaris untuk kemudian dimasukkan ke dalam blog CB Pancasila.
5. Alat transportasi yang akan digunakan selama kegiatan CB Pancasila di Paud berlangsung adalah grab car / go- car.
LAMPIRAN 1 : Survey Lokasi
B. Lokasi Survei
Paud Al – Baari Ibnu Danil
( Jl. Cempaka No. 10 RT. 005/001, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, RT.5/RW.1, Klp. Dua, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.)
C. Waktu Survei
4. Hari, Tanggal : Kamis, 17 Maret 2017
5. Pukul :14.30
C. Anggota Kelompok ( Hadir )
8. Chrisaldy Diwanda Markus P. - 2001555433
9. Anita Matania Kornelius - 2001572181
10. Merlin Claudya – 2001560036
11. Vena Rianty Sutanto – 2001562981
12. Silvia Fransisca Tanto – 2001554185
13. Kevin Chang – 2001598975
14. Viola Vallace – 2001557275
E. Pihak yang dijumpai saat survey
Pihak yang dijumpai saat survey adalah Bapak Yahid selaku perwakilan kepala sekolah Paud Al- Baari Ibnu Danil yang berhalangan untuk hadir pada hari pertama survey.
F. Hasil Survey
1. Hari yang ditentukan untuk mengajar dan mendampingi anak – anak di Paud Al – Baari Ibnu Danil adalah setiap hari Jumat, dari jam 7. 30 – 10.00.
2. Materi yang dibawakan selama mengajar harus melalui persetujuan dari guru yang mengajar di kelas dan disesuaikan dengan materi yang dibawakan pada hari tersebut.
3. Setiap pertemuan akan dibagi menjadi 3 kelompok yang mengajar di kelas A, kelas B dan kelas playgroup.
4. Jadwal mengajar di Paud Al – Baari Ibnu Danil adalah sebanyak lima pertemuan.
E. Foto Kegiatan Survey
LAMPIRAN 3 : Diskusi Pembuatan Laporan Akhir
A. Waktu dan Tempat Rapat
6. Hari, Tanggal : Senin, 22 Mei 2017
7. Pukul :18.00
8. Tempat :Kost area kemanggisan
D. Anggota Kelompok ( Hadir )
15. Chrisaldy Diwanda Markus P. - 2001555433
16. Anita Matania Kornelius - 2001572181
17. Merlin Claudya – 2001560036
18. Vena Rianty Sutanto – 2001562981
19. Silvia Fransisca Tanto – 2001554185
20. Kevin Chang – 2001598975
21. Viola Vallace – 2001557275
G. Uraian Diskusi
Diskusi yang berlangsung dimulai dengan membahas pembuatan laporan akhir CB Pancasila yang berlangsung di Paud Al – Baari Ibnu Danil selama lima pertemuan. Hal yang pertama kali dilakukan adalah pembagian tugas dimana setiap anggota memiliki tugas dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi dan dokumentasi selama mengajar di paud. Selain itu penyusunan laporan akhir ini juga menjadi topik yang dibahas selama diskusi berlangsung.
H. Kesimpulan Diskusi Kelompok
1. Masing – masing anggota bertanggung jawab untuk menyusun laporan setiap bab, yang kemudian nantinya akan digabungkan menjadi satu untuk kemudian disesuaikan dan diperbaiki lagi. Hal ini bertujuan agar pembuatan laporan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.
2. Informasi dan dokumentasi yang dimiliki setiap anggota dikirimkan kepada sekretaris untuk dimasukkan kedalam laporan akhir.
3. Setiap anggota membaca ulang laporan akhir yang telah selesai untuk memastikan data yang diberikan sesuai dengan kegiatan mengajar selama di Paud Al - Baari Ibnu Danil.
4. Template laporan akhir yang digunakan adalah template yang telah diberikan oleh dosen mata kuliah CB Pancasila dan disesuaikan.
ABSEN CHARACTER BUILDING YAYASAN AL - BAARI IBNU DANIL
Nama / Tanggal 17 Maret 2017 24 Maret 2017 31 Maret 2017 7 April 2017 14 April 2017
Anita M.K. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Vena R.S Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Merlin C. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Viola V. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir Hadir
Silvia F. T. Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Chrisaldy D.M.P Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Hadir
Mengetahui,
( Kepala sekolah Paud Al- Baari Ibnu Danil )
Komentar
Posting Komentar